DOA 4P (ACTS)

(‘Penyembahan, Pengakuan (dosa), Pengucapan syukur dan Permohonan’ atau adoration, confession, thanksgiving, and supplication)

Penyembahan (Adoration) ⇒ artinya kita meninggikan, menghargai, memberkati dan menghormati Tuhan

Why 4:11 "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan."

Tuhan Yang Mahakuasa, betapa luarbiasa dan dasyatnya Engkau. Engkau ada sebelum dunia dijadikan dan Engkau ada selamanya. Engkau layak kami puja dan sembah

CiptaanMu mengungkapkan kepada kami begitu banyak kebijaksaan, kebaikan kebesaran dan kekuatan-Mu, Alam semesta bersinar dengan kemuliaan dan kebesaran-Mu ya Tuhan.

Allah Yang Mahakuasa, betapa Engkau adalah pencipta yang luar biasa. Setiap pohon dan bunga dipenuhi dengan keajaiban dan karuniaMu, Setiap kehidupan bergema dengan kerumitan dan keajaiban. Aku akan mengangkat mataku kepada-Mu, ya Tuhanku yang luar biasa, agung, dan mengagumkan.

Engkau telah menyebarkan begitu banyak keindahan ke seluruh bumi dan itu memberitahu kepada kami tentang keindahan-Mu, meskipun hal-hal indah ini hanyalah cerminan samar dari keberadaan-Mu ya Tuhan.

Itu semua adalah suatu keindahan yang tak dapat kami pahami.

Bapa Yang Mahakuasa, betapa hebatnya Engkau. Pegunungan mencerminkan ketinggian Mu, dan kelembah-lembutan belas kasihan-Mu ya Tuhan.

Tuhan Yang Mahakuasa, betapa agungnya dir-Mu. Setiap atom dan sel yang ada dalam tubuh kami ini juga membawa sebagian kecil dari rencana Mu. Setiap mikroba yang ada berbicara tentang kecantikan Engkau yang menakjubkan, ya Bapa.

Kami menyembah-Mu dalam keberadaan kami ya Tuhan dan dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa. Amin


Pengakuan Dosa (Confession)

Bapa yang bertahta dalam Kerajaan Sorga, pada kesempatan ini kami datang ke hadiratMu untuk mengakui segala dosa dan pelanggaran yang telah kami perbuat, baik dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan baik yang tidak sengaja kami lakukan terlebih atas kesalahan yang sengaja kami lakukan.

Seringkali kami berusaha untuk menutupi segala dosa dan pelanggaran yang telah kami perbuat dari hadapan sesama kami bahkan dari hadapanMu, ya Tuhan. Kami tahu ya Bapa, Engkau adalah Allah yang Maha tahu, bagaimana pun kami menutupi segala dosa dan pelanggaran yang telah kami perbuat, tidak akan ada yang tersembunyi bagiMu.

Engkau adalah Allah yang mengasihi kami, namun kami kerapkali tidak mengasihiMu bahkan lari dari hadiratMu. Ketika Engkau memanggil kami, kami justru tidak mendengarnya karena dosa yang telah kami perbuat menghalangi hadiratMu masuk dalam hidup kami.

Karena kesibukan yang kami lakukan, kami menjadi lupa bahwa ada penyertaanMu dalam kehidupan kami. Kami terlalu egois serta bebal. Kami selalu membenarkan apa yang sebenarnya jahat di hadapanMu. Kami selalu merasa lebih benar dan lebih hebat dibandingkan orang lain. Iri hati dan prasangka buruk yang ada dalam hati kami justru malah melukai hati orang lain.

Oleh sebab itu ya Bapa, kiranya Engkau sudi mengampuni segala dosa dan pelanggaran yang telah kami perbuat. Kami sadar jika kami telah berdosa di hadapanMu. Kiranya Engkau mau mengasihi kami menurut kasih setiaMu.

Hapuskanlah segala dosa dan pelanggaran kami ya Allah. Ubahkanlah hidup kami menjadi baru yang hidup seturut dengan kehendakMu.

nilah doa yang kami panjatkan yang kami alaskan dalam satu nama Tuhan kami Yesus Kristus. Amin.

Pengucapan Syukur (Thanks Giving)

Allah Bapa, Allah Yesus dan Allah Roh Kudus, kami datang ke hadirat-Mu saat ini.

Kami mengucap syukur ya Tuhan kalau kami masih dapat menghadap Engkau ditengah segala kesibukan kami. Kami mengucap syukur kalau Roh Kudus masih mengingatkan kami, mendorong kami untuk berkomunikasi dengan Mu karena kami percaya bahwa tidak ada yang lebih kami butuhkan dibandingkan Engkau

Tuhan Pertama-tama kami mau mengucap syukur kalau kami boleh teringat akan keselamatan yang telah Engkau berikan kepada kamu. Kami mengucap syukur kalau Engkau telah disalibkan, mati dan bangkit kembali. Engkau mengampuni dosa kami di masa lalu, masa kini dan di masa datang. Kami mengucap syukur kalau kasih Mu tidak pernah terbatas bagi kami dan pengampunan Mu selalu tersedia.

Kami mengucap syukur ya, Tuhan, kalau kami hari ini boleh merasakan sukacita yang begitu luar biasa. Hari ini kami boleh menyelesaikan rangkaian aktivitas kami dengan baik. Kami mengucap syukur kalau Engkau terus menyertai kami, memberikan kami kemampuan dalam menyelesaikan aktivitas kami.

Tuhan kami juga mengucap syukur kalau hari ini kami masih dapat makan dan minum dengan cukup. Bersama-Mu Bapa, kami tidak pernah merasa kekurangan. Kami sungguh mengucap syukur untuk itu.

Tuhan, kalau kami saat ini sedang membutuhkan uang kami mengucap syukur kalau kami masih memiliki Engkau sebagai tempat kami untuk bergantung dan berlindung.

Kami juga mengucap syukur, Tuhan untuk orang Tua dan/atau orang-orang yang ada di keluarga kami. Terima kasih kalau Engkau terus menyertai mereka dengan kesehatan, sukacita dan kasih yang tak pernah terbatas Engkau berikan untuk mereka. Terima kasih, ya Tuhan, kami mengucap syukur kalau hari ini Engkau boleh memberikan pertolongan kepada mereka. Kiranya Engkau terus menyertai orang-orang yang kami kasihi ini

Inilah doa ucapan syukur kami ya Tuhan. Engkau Allah yang mendengar dan menyertai. Terima kasih Tuhan.

Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa Amin

Permohonan (Supplication)

  1. Untuk bangsa dan Negara Indonesia.

  2. Untuk Pekerjaan dan Hamba Tuhan di seluruh dunia serta di GBIS Jatibaru

  3. Untuk Jemaat GBIS Jatibaru dan Saudara yang sakit

  4. Untuk Keluarga dan Pribadi kita: kesehatan, pekerjaan, anak-anak dan lainnya.